Tahan Vietnam 2-2, Timnas Indonesia berhasil Lolos ke Final Piala AFF.

Vietnam – Setelah melalui babak perpanjangan waktu Tim nasional Indonesia berhasil menahan Vietnam 2-2 pada laga kedua semifinal Piala AFF di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Rabu. Hasil ini memastikan timnas lolos ke final dengan skor agregat 4-3.

Indonesia mampu unggul terlebih dahulu lewat gol Stefano Lilipaly pada menit ke-54. gol ini bermula dari umpan Boaz Solossa yang membuat kiper Vietnam kesulitan, bola tak sempurna dia tangkap sehingga mengenai tiang gawang dan bergulir ke mulut gawang yang langsung disodok Lilipaly.

Harapan Indonesia untuk menang kian besar karena kiper Vietnam Nguyen Manh malah terkena kartu merah pada menit ke-77. Que Ngoc Hai yang berposisi sebagai bek pun harus berperan sebagai kiper Vietnam karena jatah pergantian pemain Vietnam sudah habis.

Namun, harapan Indonesia sempat berantakan. Vietnam berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan jarak jauh yang dicetak Vu Van Thanh pada menit ke-83. Gol itu berawal dari sebuah pelanggaran tak perlu dari Hansamu Yama Pranata di tepian kotak penalti, yang dieksekusi oleh Pham Thanh Luong.

Vietnam malah berbalik unggul lewat gol Vu Minh Tuan pada menit 90+2. Gol itu tercipta memanfaatkan kegugupan yang melanda pertahanan Indonesia saat Minh Tuan merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan terarah yang menghujam ke sudut kanan gawang yang dikawal Kurnia Meiga.

Dengan skor agregat 3-3, laga pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Indonesia kemudian bisa menyamakan kedudukan lewat hadiah penalti Manahati Lestusen di babak pertama pepanjangan waktu. Penalti didapat karena pelanggaran yang dilakukan oleh kiper lawan.

Kedudukan 2-2 itu bertahan hingga akhir. Indonesia pun akhirnya lolos ke final dan berpeluang untuk menjadi juara AFF untuk pertama kalinya, setelah dalam empat kesempatan sebelumnya selalu kandas di partai puncak.

Salam-

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.