Jangan Beli Suvenir Patung Buddha di Thailand, Pokoknya Jangan –

Laporan dari Thailand,

Chiang Mai – Patung Buddha banyak ditemui dan sering menjadi suvenir dari Thailand dalam bentuk pajangan. Namun sebaiknya kamu jangan membelinya, pokoknya jangan ya…

Ada yang berbeda ketika kamu mengunjungi Thailand, tepatnya di daerah Chiang Mai. Mulai dari keluar Bandara Internasional Chiang Mai, kita bisa melihat baliho besar yang ditujukan untuk wisatawan.

Tulisannya adalah imbauan bagi turis untuk tidak membeli suvenir berbentuk Buddha. Poster larangan serupa bisa kita temukan di Vihara Wat Phra Singh dan pusat kerajinan payung hias Romborsang.

“Iya, imbauan ini sudah sejak setahun lalu. Dari kelompok-kelompok religius di Thailand,” kata Indra Nugraha, Marketing Manager Tourism Authority of Thailand (TAT) dalam obrolan dengan kru tangkas super (ccb).

little-buddha-colour-sand-pottery-tea-pet-sweet-pet-jpg_640x640
Menurut mereka, ada keprihatinan dari kelompok religius Buddha di Thailand tentang patung Buddha yang dijual sebagai suvenir kepada wisatawan. dan lagi, menurut mereka, turis kurang menghormati patung Buddha. Buddha dianggap barang, bukan benda suci.

“Mereka prihatin karena patung Buddha dianggap sebagai pajangan, padahal ini dianggap suci oleh umat Buddha,” jelasnya.

Poster-poster imbauan ini agak beda-beda tulisannya. Kurang lebih inilah inti nya :

1. Jangan memperlakukan gambar Buddha dengan buruk
2. Membeli patung utuh atau kepala Buddha atau benda lain dengan gambar Buddha sebagai suvenir adalah salah dan dianggap tidak menghormati. Hal ini mencakup suvenir baju, celana, tas, sepatu, casing ponsel, sampai flash disk bergambar Buddha. Semua itu tidak boleh!
3. Patung, gambar atau simbol Buddha tidak boleh dijadikan dekorasi
4. Tidak boleh membuat atau memiliki tato bergambar Buddha

Meski ada imbauan seperti ini, pada kenyataannya dalam pantauan detikTravel masih banyak suvenir Buddha dijual untuk wisatawan seperti di Chiang Mai Night Market. Namun, demi menghormati warga Thailand, lebih baik kita beli suvenir lain saja. Gajah Thailand, miniatur tuk tuk atau kain tenun yang lucu-lucu ada banyak kok. Mending beli itu saja.

 

cute cucumber
(ccb)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.