4 Bahaya kesehatan akibat kebanyakan makan pepaya

4 Bahaya kesehatan akibat kebanyakan makan pepaya

images-18

tangkassuper.com – Pepaya termasuk dalam jajaran buah sehat kaya nutrisi. Sebuah pepaya ukuran sedang mengandung sekitar 120 kalori, vitamin C yang tinggi, serta serat yang mampu memenuhi kebutuhan harian sebanyak 20%. Oleh karena itu tak mengherankan jika pepaya disebut sebagai buah yang begitu sehat.

Karena sehat inilah, apakah kamu diperbolehkan untuk banyak mengonsumsi pepaya? well, dilansir dari livestrong.com ternyata makan banyak pepaya juga bisa membahayakan kesehatan, lho. Berikut adalah buktinya.

Perubahan warna kulit jadi lebih kuning
Pepaya berwarna oranye karena kandungan beta karoten di dalamnya. Makan terlalu banyak pepaya ternyata mampu menyebabkan perubahan warna kulit dalam kadar yang rendah yang disebut dengan karotenemia. Telapak tangan dan telapak kaki adalah bagian tubuh yang paling terlihat akibat perubahan warna ini. Meski tidak berbahaya, namun kamu harus mengurangi konsumsi pepaya jika hal ini terjadi pada kulitmu.

Gangguan pernapasan
Pepaya mengandung enzim yang disebut dengan papain. Enzim ini bermanfaat untuk menangani gangguan pencernaan dan melawan peradangan di tenggorokan.

Bagi mereka yang mudah alergi, enzim papain bisa menyebabkan demam, asma, sesak napas, hingga hidung tersumbat.

Pembentukan batu ginjal
Pepaya mengandung vitamin C. Zat ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari beragam gangguan penyakit, mencegah kanker, serta menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi pepaya berlebihan bisa berarti kamu juga akan berlebihan dalam mengonsumsi vitamin C yang mengakibatkan keracunan serta pembentukan asam oksalat yang bisa berujung dengan pembentukan batu ginjal.

Gangguan pencernaan
Meski pepaya tinggi serat dan bisa mencegah sembelit, namun terlalu banyak makan pepaya juga bisa menyebabkan sakit perut akibat kandungan enzim papain di dalamnya.

Meski sehat, bukan berarti kamu diperbolehkan terlalu banyak mengonsumsi pepaya. Konsumsi dalam porsi secukupnya agar kamu terhindar dari bahaya di atas.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.