Obama Yakinkan Warga AS Terhadap Presiden Baru Trump

444444444444

Soal Trump, Obama Yakinkan Warga AS: Kita Akan Baik-baik Saja

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama berjanji akan bersuara jika Presiden terpilih Donald Trump mengancam nilai-nilai penting AS. Obama juga meyakinkan kepada warga AS bahwa “kita akan baik-baik saja” di bawah kepemimpinan Trump.

Obama menyampaikan konferensi pers terakhirnya kepada wartawan di Gedung Putih, pada Rabu (18/1) waktu setempat, sebelum Trump dilantik pada Jumat (20/1) besok. Obama menyebut dirinya akan mundur dari kancah politik, namun tak segan bersuara jika muncul ancaman pada nilai-nilai inti AS.

“Saya ingin menulis, saya ingin tenang untuk sementara waktu dan tidak berbicara banyak lagi. Saya ingin menghabiskan waktu yang berharga dengan putri-putri saya,”

“Jadi itu adalah prioritas saya untuk tahun ini. Tapi seperti saya katakan sebelumnya, saya masih seorang warga negara,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Obama menegaskan akan buka suara dan muncul ke publik jika dia melihat adanya upaya diskriminasi sistematis, pengikisan hak-hak warga untuk memilih, pembungkaman media atau pengusiran imigran-imigran yang lama menetap di AS. “Ada perbedaan antara politik yang berfungsi normal dengan isu-isu tertentu atau momen-momen tertentu, yang saya pikir, nilai-nilai inti kita dipertaruhkan,” ucap Obama.

“Saya pikir hal-hal itu akan membuat saya berbicara keras,” imbuhnya. Semasa kampanye, Trump bersumpah akan melarang warga muslim masuk ke AS dan juga mendeportasi jutaan imigran ilegal, yang kebanyakan berasal dari negara Amerika Latin.

Soal kepemimpinan Trump, Obama berusaha memberikan kepastian dan menenangkan warga AS. “Saya telah memberi nasihat terbaik saya, nasihat soal isu-isu tertentu, baik luar negeri maupun dalam negeri,” tutur Obama, merujuk pada percakapannya dengan Trump beberapa waktu lalu.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.