Kebakaran Pasar Senen Menghabiskan 112 Kios

Asap membumbung ke udara dari bangunan Blok I dan Blok II yang terbakar di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (19/1). Kebakaran di Pasar Senen tersebut dilaporkan terjadi sekitar pukul 04.43 WIB dan masih dalam penanganan petugas yang mengerahkan hingga 43 unit mobil pemadam kebakaran. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/foc/17.
Asap membumbung ke udara dari bangunan

Ada 112 Kios di Pasar Senen yang Terbakar

Si jago merah belum bisa dijinakkan setelah lima jam mengamuk. Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono memastikan ada 112 kios pedagang yang dilahap api.

“Info Kadis (Pemadam Kebakaran DKI Jakarta), yang terbakar ada 112 kios dan memang belum padam seluruhnya karena angin. Jadi terus menyala di beberapa titik apinya.

Sumarsono menyerahkan sepenuhnya kepada aparat kepolisian untuk mengamankan barang-barang dagangan milik pedagang korban kebakaran. “Yang kita hindari, jangan sampai ada penjarahan. Itu riskan terjadi dan sudah diserahkan aparat untuk keamanan di sana,”

Kebakaran itu melanda Pasar Pembangunan Jaya, bukan Pasar Jaya. Petugas pemadam kebakaran juga akan ditambah untuk menjinakkan api. “Yang pertama bukan Pasar Jaya, tapi yang sebelahnya PD Pembangunan Jaya. Kayanya (titik pusat api) di sekitar situ. Kedua, (pemadam kebakaran) masih di lapangan, mereka sedang menyelesaikan. Dari 24 (mobil pemadam), kayaknya ada tambahan lagi, sekarang jadi 50 (unit Damkar),”

Penyebab kebakaran itu dipicu oleh faktor manusia dan faktor fasilitas sarana prasarana yang kurang diawasi kualitasnya. “Yang paling saya duga adalah faktor konsleting akibat arus pendek. User sekarang dengan pemahaman listrik yang kurang cermat, sering nyambung-nyambungin instalasi, bikin colokan tanpa melihat aspek teknis kekuatan dari kabel,”

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.