Pelaku Penembakan Kelab Malam Turki Ditangkap di Istanbul

333333

Pelaku Penembakan Kelab Malam Turki Ditangkap di Istanbul

Pelaku di balik penembakan brutal yang menewaskan 39 orang di kelab malam Turki pada 1 Januari lalu, akhirnya tertangkap. Polisi Turki menangkap pelaku di persembunyiannya yang ada di distrik Esenyurt, Istanbul.

Dilaporkan surat kabar Hurriyet dan dilansir Reuters,  saat ditangkap polisi, pelaku sedang bersama anak laki-lakinya yang berusia 4 tahun. Sedangkan situs media Turki lainnya, Haberturk, menyebut pelaku ditangkap di sebuah kompleks apartemen yang ada di distrik Esenyurt.

Sumber kepolisian Turki yang dikutip Hurriyet menyebut, pelaku selama ini menggunakan nama samaran Abu Muhammaed Horasani. Haberturk menambahkan, pelaku berasal dari Uzbekistan.

Tiga orang lainnya ada di dalam apartemen yang sama, saat pelaku ditangkap. Apartemen yang menjadi persembunyian pelaku merupakan milik temannya yang berasal Kyrgyzstan.

Secara terpisah, kantor berita resmi pemerintah Turki, Anadolu melaporkan lima orang ditangkap dalam operasi di distrik Esenyurt. Kelima orang itu terdiri atas pelaku penembakan, seorang pria asal Kyrgyzstan dan tiga wanita yang tidak disebut asal kewarganegaraannya.

Disebutkan Anadolu, penggerebekan lainnya dilakukan di beberapa wilayah Turki lainnya untuk memburu sel teroris terkait pelaku penembakan brutal di kelab malam Istanbul.

Sebelumnya, kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas penembakan itu. ISIS menyebut penembakan itu merupakan balasan atas keterlibatan militer Turki di Suriah.

Dengan membawa senapan otomatis, pelaku menembaki pengunjung kelab malam Reina di Istanbul pada 1 Januari lalu secara membabi-buta. Sedikitnya 39 orang, sebagian besar warga negara asing, tewas dalam penembakan itu. Pelaku kabur usai beraksi dan perburuan besar-besaran dilakukan otoritas Turki selama beberapa minggu terakhir.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.