BEM se-Indonesia Gelar Demo Hari Ini

44444444333333333

Aliansi BEM se-Indonesia Gelar Demo Serentak Hari Ini

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia berencana menggelar demonstrasi secara serentak di 19 titik di seluruh Indonesia, termasuk di Jakarta, hari ini, Kamis (12/1). Aksi itu diklaim bakal melibatkan ribuan mahasiswa dari berbagai kampus.

“Benar, kami akan menggelar aksi besok (hari ini). Teklap (teknis lapangan) sudah dilakukan. Di Yogyakarta, aksi akan dimulai dari Tugu Yogyakarta, lalu long march menuju DPRD,” kata Koordinator Aliansi BEM seluruh Indonesia wilayah Yogyakarta-Jawa Tengah.

 

Aliansi BEM seluruh Indonesia mengajukan tiga tuntutan kepada pemerintah. Salah satunya adalah menuntut dicabutnya PP No.60 Tahun 2016 tentang kenaikan tarif penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Selain itu, Aliansi BEM seluruh Indonesia juga menolak kenaikan tarif dasar listrik golongan 900 VA dan mendesak dikembalikannya subsidi untuk tarif dasar listrik golongan 900 VA.

Aliansi BEM menilai kebijakan itu semakin membebani rakyat. “Ditambah lagi saling lempar tanggung jawab dengan kebijakan yang mereka ambil sendiri, seakan pemerintah hari ini tidak serius dalam mengurusi rakyatnya,”

Demo hari ini digelar serentak di 19 kota di Indonesia antara lain Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, hingga Merauke.

Koordinator Aliansi BEM seluruh Indonesia untuk wilayah Jawa Timur, Ahmad Choirudin mengatakan, masing-masing universitas atau kampus yang tergabung dalam aliansi diminta untuk mengerahkan sedikitnya 200 hingga 1000 mahasiswa dalam aksi esok.

Di Jawa Timur, kata Choirudin, demo akan dipusatkan di Tugu Pahlawan, Surabaya. Setelah itu, massa mahasiswa akan berjalan menuju Gedung DPRD.

Adapun demo di Jakarta akan terpusat di Istana Negara. Belum diketahui jumlah mahasiswa yang hadir dalam demo di Jakarta itu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengonfirmasi aksi yang digelar mahasiswa tersebut. Dia mengatakan izin kegiatan sudah masuk dan rencananya, khusus Jakarta, titik berkumpul massa dikonsentrasikan di areal silang Monas.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.