Banjir di Thailand Mengakibatkan 12 Orang

222222222222

12 Orang Tewas Akibat Banjir di Thailand, Ribuan Desa Terendam

Korban jiwa akibat banjir di Thailand terus bertambah. Sejauh ini, 12 orang telah tewas dan ribuan desa di Thailand bagian selatan terendam banjir, yang dipicu oleh hujan lebat terus-menerus itu.

Kementerian Dalam Negeri menyatakan dalam statemen seperti dilansir kantor berita AFP,  banjir telah berdampak pada lebih dari 700 ribu orang sejak terjadi sepekan lalu. Di sejumlah wilayah, ketinggian banjir mencapai setinggi atap rumah.

Kementerian menyebutkan, setidaknya 12 orang tewas dalam bencana alam ini. Banjir juga telah merusak lebih dari 1.500 sekolah di wilayah tersebut.

Menurut Departemen Meteorologi, hujan deras diperkirakan akan terus berlangsung hingga setidaknya dua hari ke depan. “Situasi sangat buruk hari ini dan besok. Sekarang masih hujan deras,” kata Junjuda Pornsri, pejabat Departemen Meteorologi.

Banjir yang melanda Thailand bagian selatan ini, dipicu hujan deras yang tidak biasa. Sembilan provinsi yang ada di Thailand selatan dilanda hujan selama seminggu terakhir. Musim penghujan di Thailand biasanya berakhir pada November. Hujan deras dan banjir jarang terjadi pada Januari, saat kebanyakan resor pantai di Thailand bagian selatan ramai didatangi turis.

Dituturkan otoritas bandara setempat, sedikitnya 26 penerbangan dari dan ke bandara utama di Provinsi Nakhon Si Thammarat dibatalkan pada Jumat (6/1) waktu setempat. Pembatalan terpaksa dilakukan karena landasan bandara terendam banjir.

“Banjir mulai melanda pada 1 Januari dan dipicu oleh hujan deras yang tidak sesuai musim,” sebut pejabat Pusat Peringatan Bencana Nasional.

Thailand biasa dilanda banjir pada musim penghujan yang jatuh pada bulan Mei hingga November setiap tahunnya. Banjir besar tahun 2011 lalu menewaskan lebih dari 900 orang di Thailand.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.