Polisi Tangkap 40 Teroris Sepanjang Tahun 2016

55555555555

Selama 2016 Polisi Tangkap 40 Teroris, Waspadai Teroris ‘Lone Wolf’

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebutkan selama 2016, polisi sudah mencokok 40 teroris. Meski demikian, Tito masih mewaspadai pergerakan teroris ‘lone wolf’.

“Tahun ini ada 40 yang ditangkap. Ini yang agak rawan adalah yang lone wolf. Ini yang belajar sendiri di-radikalisasi sendiri kemudian melakukan operasi sendiri,” kata Tito di Aula Bimasena, Jalan Dharmawangsa Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Meski begitu, menurut Tito, pergerakan teroris lone wolf tidak berpengaruh besar. Tito juga menyebut aksi lone wolf itu agak jarang terjadi.

“Memang jarang terjadi dan impactnya kecil,” tutur Tito.

Selain teoris lone wolf, Tito menuturkan ada teroris yang berjaringan. Saat ini, Tito menyebut teroris berjaringan ini dalam pengintaian polisi sejak lama.

“Jaringan itu sudah kita jejaki dari dulu. Sel-sel kecilnya sebagian besar sudah terdeteksi. tapi mereka juga berusaha menghindari deteksi intelijen dengan menggunakan metode-metode tertentu,” jelas Tito.

“Sekarang pinter-pinternya kita. Ada yang lolos seperti bom Thamrin, kasus di Samarinda, kasus di Polres Solo. Sebagian besar ini berhasil dicegah seperti sekarang ini,” imbuhnya.

Meski demikian, eks Kapolda Papua itu mengatakan penangkapan sejumlah teroris bisa menjadi pelajaran. Tito memastikan kondisi nasional saat Natal dan Tahun Baru terjamin aman.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.