Health Info : Ini Menu Sarapan yang bisa bikin Kenyang Lebih Lama

Health, New York –
Asupan protein saat sarapan merupakan kunci kenyang lebih lama dan membuat tubuh kita fit sepanjang hari. Mungkin saat menyebut protein, langsung terbayang daging dan ayam dalam pikiran. Namun dibanding protein hewani, sumber protein nabati seperti kacang merah dan kacang polong membuat tubuh kenyang lebih lama dan sehat.

Bila seseorang merasa kenyang lebih lama, hal ini dapat membantunya untuk mengurangi asupan makanan lain. Peneliti mengungkap, jenis asupan makanan seperti itu bisa membantu menurunkan berat badan.

manfaat-kacang-merah-untuk-ibu-hamil-580x400

Hal ini diketahui dalam studi yang dilakukan di University of Copenhagen, Denmark. Peneliti meminta 43 partisipan usia 20-an untuk mengonsumsi tiga menu sarapan di minggu yang berbeda. Masing-masing menu sarapan tersebut mengandung 800 kalori.

Menu pertama adalah burger isi daging sapi, menu kedua burger isi selai kacang merah dan kacang polong, menu ketiga adalah burger rendah protein dengan selain kacang merah, kacang polong dan kentang.

Tiga jam kemudian mereka makan siang dan diminta makan sebanyak yang diinginkan. Menariknya, peserta burger isi protein nabati mengonsumsi makan siang 12 persen kalori lebih sedikit dibanding daging seperti dikutip Time, Jumat (16/12/2016).

“Kandungan serat yang lebih tinggi kemungkinan berkontribusi lebih besar dalam meningkatkan rasa kenyang,” kata salah satu peneliti yang juga ahli nutrisi Anne Raben.

Ini bukan studi pertama yang menunjukkan bahwa sayuran kacang-kacangan membantu kita mengonsumsi kalori lebih sedikit. Penelitian pada Maret mengungkapkan orang yang mengonsumsi kacang polong, kacang buncis, dan lentil lebih banyak mengalami penurunan berat badan.

Orang yang mengonsumsi protein nabati tersebut merasa kenyang lebih lama. Sehingga tidak perlu upaya khusus menghindari makanan lain.

salam

(occ).

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.