Karena Kentang Impor Petani Kentang INDONESIA Terancam Rugi

Potato harvest in Lower Saxony

Karena Kentang Impor Petani Kentang INDONESIA Terancam Rugi

TangkasSuper,PJ-Sebelumnya menurut pengakuan Sekretaris Serikat Petani Kentang Dieng, Happy Kurniawan, harga kentang di petani anjlok hingga Rp 5.000/kg, menukik dari harga sebelumnya di kisaran harga tertingginya di tingkat petani Rp 10.000/kg. Penurunan harga ini mulai terasa sejak 3 bulan terakhir.

Selama ini, menurut Happy, petani kentang hanya untung pas-pasan, namun masih tetap menanam lantaran masih dianggap menguntungkan. Namun dengan adanya kentang impor, petani di sejumlah sentra kentang sulit bertahan dengan kondisi tersebut.

“Harganya nggak turun langsung, tapi perlahan sejak 3 bulan. Setelah kita selidiki ternyata ada banyak sekali kentang impor yang masuk ke pasar. Di beberapa pasar kita temukan ada kentang impor. Terutama di Pasar Induk Kramatjati,” kata Happy saat dikonfirmasi.

Kentang produksi dalam negeri melimpah dan nggak ada masalah. Dari sisi penjual memang harga lebih tinggi dari kentang impor yang selundupan. Pemerintah nggak pernah keluarkan izin buat (impor) kentang granola,” kata Enggar saat kunjungannya ke Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (15/12/2016).

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.